0 0
Read Time:2 Minute, 15 Second

DETIKUTAMA.COM//JAKARTA – Pertumbuhan dan keberlanjutan industri pariwisata berpotensi menjadi salah satu yang terbaik di dunia di era Presiden terpilih Prabowo Subianto nanti. Prabowo akan memiliki peran penting dalam membentuk kebijakan dan strategi yang mendukung.

Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran bidang pariwisata dan ekonomi kreatif Taufan Rahmadi menilai, Presiden terpilih Prabowo sangat menyadari potensi pariwisata Indonesia.

“Pak Prabowo sangat memahami pariwisata telah menjadi salah satu sektor kunci dalam perekonomian Indonesia. Terutama dalam memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pembangunan infrastruktur,” ujar Taufan Rahmadi, Jumat (19/4/2024).

Dikatakan Taufan, Presiden terpilih Prabowo Subianto, dengan pengalaman dan latar belakangnya dalam bidang militer dan politik, dapat memainkan peran penting dalam memimpin pembangunan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan pariwisata.

“Hal ini termasuk pembangunan bandara, jalan raya, pelabuhan, dan sarana transportasi lainnya untuk memudahkan akses ke destinasi pariwisata,” kata Taufan.

Termasuk dalam hal promosi pariwisata, lanjut Taufan, sebagai seorang Presiden terpilih yang disegani oleh para pemimpin dunia, sosok Prabowo dapat mengadvokasi promosi pariwisata Indonesia secara lebih luas baik di dalam negeri maupun di tingkat internasional.

“Salah satunya melalui kampanye promosi yang efektif, potensi pariwisata Indonesia dapat dikenal oleh lebih banyak orang, meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia,” tutur Pakar Strategi Pariwisata Nasional ini.

Prabowo juga dinilai sangat peduli dengan lingkungan. Dengan kepedulian terhadap isu-isu lingkungan dan keberlanjutan, Taufan meyakini Prabowo dapat memimpin upaya untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan di destinasi pariwisata.

“Ini termasuk perlindungan terhadap sumber daya alam, pengurangan polusi, dan promosi perilaku wisata yang bertanggung jawab,” sambungnya.

Pria peraih penghargaan Tourism Inspirational Figure 2022 ini juga percaya Prabowo akan membawa pariwisata memberikan kesejahteraan pada masyarakat lokal. Prabowo sebagai pemimpin yang berpihak kepada rakyat dapat memperjuangkan kebijakan yang memastikan manfaat ekonomi dari pariwisata dinikmati secara adil oleh masyarakat lokal.

“Ini dapat melalui program pengembangan ekonomi lokal, pelatihan keterampilan, dan pemberdayaan komunitas lokal untuk terlibat dalam industri pariwisata,” kata Taufan.

Meskipun memiliki potensi untuk berperan dalam pengembangan pariwisata Indonesia, lanjutnya, pariwisata di era Prabowo dihadapkan pada berbagai tantangan. Termasuk masalah infrastruktur yang kompleks, perlunya koordinasi antarlembaga pemerintah, serta perubahan iklim global yang dapat mempengaruhi industri pariwisata.

“Namun, dengan visi yang kuat, kolaborasi antarstakeholder, dan komitmen untuk mencapai keberlanjutan, Prabowo Subianto memiliki kesempatan untuk memainkan peran yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan dan keberhasilan industri pariwisata Indonesia,” tuturnya.

Taufan menyimpulkan, peran Prabowo Subianto sebagai Presiden dalam pengembangan pariwisata Indonesia dapat menjadi kunci untuk mewujudkan potensi luar biasa Indonesia sebagai tujuan wisata utama di dunia. Dengan fokus pada pembangunan infrastruktur, promosi pariwisata yang efektif, pengelolaan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat lokal, Indonesia dapat terus berkembang sebagai destinasi pariwisata yang berkelanjutan dan memikat.

“Di era Prabowo nanti, Pariwisata optimis semakin berjaya dan mensejahterakan, dengan tetap menjaga keberlanjutan, kelestarian alam dan tidak kehilangan identitas budayanya,” pungkasnya.(***)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *